Jumat, 09 November 2012

manfaat ceplukan


MANFAAT CEPLUKAN



          Sering kali kita tak menyadari bahwa sebenarnya tumbuhan di sekitar kita memiliki manfaat bagi kita.Seperti contohnya adalah buah ceplukan.Buah ini tumbuh liar di tanah kosong, di halaman dan tempat-tempat lain yang tidak becek sampai setinggi kurang lebih 1800 m dari permukaan laut. Termasuk tanaman perdu tahunan dari suku terung terungan ini tingginya sekitar 30-90 cm, tumbuh tegak, bercabang, berambut pendek, daun berseling tapi berlekuk atau beringgit, bertangkai 7-25 mm,bentuk bulat belur,panjang 3,5-10 cm,lebar 2-5 cm, ujung lancip, permukaan daun berwarna hijau, bagian bawah berwarna hijau muda dan berambut halus.Bunga keluar dari ketiak daun,berwarna putih kekuning-kuningan.Buah berbentuk lentera, bila sudah masak berwarna kuning,rasanya manis agak keasam-asaman.
          Bagian yang dipakai adalah akar daun dan buah untuk pengobatan. Kegunaannya adalah untuk penyakit Influenza, sakit tenggoroaan, batuk rejan ( pertusis ), bronchitis,Gondongan ( parotitis )Pembekakan buah pelir.
          Bisa di pakai dari dalam melalui 9-15 gr direbus dan di minum.Tapi untuk penyakit Bisul ( furunculosis ) dan borok ( abses ), sakit kulit bergelembung / bulla ( pemphigus ), herba segera dilumatkan, tempelkan ketempat kelainan.Air rebusannya dipakai untuk cuci kelainan kulit.
Cara pemakaiannya sebagai berikut :
·        Bisul :   Daun ciplukan ½ genggam dicuci dan digiling halus, diturapkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut. Diganti 2x / hari
·        Borok : Daun ciplukan 1/3 genggam dicuci dan digiling halus, tambhkan air kapur sirih secukupnya untuk menurap borok. Diganti 2x / hari.

Demikian lah jadi kita bisa taukan manfaat ciplukan. Jadi bisa dicoba deh ini resepnya.jangan lupa ikutin prosedurnya ya........!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar